Mungkin ketika anda ingin belajar web desain kepada orang yang ahli, anda akan diberikan beberapa tutorial terkait dengan bahasa pemograman, penggunaan photoshop, bahkan sampai diberi sebuah aplikasi web desain gratis  yang akan membuat belajar web desain kita menjadi lebih mudah. Memang dalam tahap belajar, penggunaan aplikasi web desain gratis ini sangat efektif, jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk belajar.


          Salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh orang-orang untuk membuat web desain andalah dreamwaever, namun sayangnya aplikasi ini adalah aplikasi berbayar. Jika anda ingi menggunakan aplikasi ini untuk belajar web desain secara legal, tentu anda harus mengeluarkan beberapa uang yang anda miliki.


          Namun jangan kawatir, masih banyak aplikasi web desain gratis yang bisa anda gunakan untuk belajar web desain. Apa saja aplikasi web desain gratis tersebut? Untuk mengetahuinya silahkan simak pembahasan kami berikut ini.



  1. 1. Aptana studio
         
    Aplikasi web desain gratis pertama yang akan kami kenalkan untuk anda kali ini bernama Aptana Studio. Ini merupakan sebuah aplikasi web desain gratisyang fokus kepada beberapa bagian dalam pembuatan website seperti javascript, CSS, HTML, dengan tambahan fitur pendukung lainya yang biasa digunakan dalam membuat website. Untuk ukuran aplikasi web desain gratis,bisa dibilang aplikasi ini sangat bagus jika digunakan untuk belajar membuat sebuah desain web. Bagi anda yang ingin belajar menggunakan aplikasi ini, anda bisa mendownloadnya secara gratis.

  2. 2. Komodo edit
         
    Salah satu aplikasi web desain gratisyang banyak sekali digunakan oleh seorang develomper adalah apliasi bernama Komodo Edit ini. Hal ini karena fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini bisa dibilang sangat lengkap untuk menyusun kode CMS dan HTML. Tidak hanya itu saja, aplikasi gratis ini juga memiliki beberapa fitur pelengkap yang akan membuat belajar web desain jadi lebih mudah seperti kompatibilitas script, pemilihan bahasa, dan fitur tambahan lainya. Perlu anda ketahui bahwa aplikasi gratis ini memiliki dua versi yang berbeda yaitu komodo ide dan satunya lagi komodo edit.

  3. 3. Bluefish
         
    Aplikasi web desain gratisselanjutnya yaitu Bluefish, aplikasi ini memang dibuat pada linux, namun aplikasi ini juga diterbitkan versi lainya untuk sistem operasi Macintosh dan juga Windows. Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini sebaiknya lebih teliti dalam penggunaanya karena memiliki kode script yang sangat sensitif, namun kelebihan dari aplikasi web desain gratisini adalah kelengkapan fitur yang ada pada plikasi ini seperti JSP, CSS, PHP, dan juga HTML. Selain itu aplikasi ini juga memiliki sebuah sistem penyimpanan secara otomatis yang akan memudahkan kita jika komputer tiba-tiba mati.

  4. 4. Netbeans
         
    Ini merupakan sebuah aplikasi web desain gratis IDE java yang bisa kita gunakan untuk belajar membuat desain web. Memang untuk awal-awal aplikasi ini lebih sulit untuk dioperasikan, namun jika anda sudah terbiasa tentu akan sangat bermanfaat bagi kita. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu tersedianya sebuah fitur yang bernama kontrol versi yang termasuk kedalam IDE, salah satu fitur ini memang sangat bermanfaat bagi seseorang yang memiliki sebuah projek pengembangan cukup besar.

  5. 5. Coffecup Free HTML editor
         
    Ini adalah salah satu aplikasi web desain gratisyang sangat kami rekomendasikan bagi anda yang ingin belajar web desain. Kenapa demikian? Hal ini karena fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini cukup sederhana dan cukup lengkap untuk digunakan dalam membuat sebauh web desain. Namun jika anda ingin menggunakan aplikasi gratis ini dengan fitur lengkap, anda diwjibkan untuk memiliki versi penuh.

  6. 6. Eclipse
         
    Aplikasi web desain gratiskeenam kali ini merupakan sebuah aplikasi web desain dengan fitur yang sangat lengkap yang bisa kita gunakan untuk melakukan pengembangan seperti membuat aplikasi web. Uniknya aplikasi ini meenyediakan sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk melakukan instal ataupun uninstal sesuai dengan kebutuhan kita. Banyak sekali para developer yang menggunakan aplikasi gratis ini karena memiliki sbuah dukungan terhadap bahasa program yang ingin dipakai.

  7. 7. HTML kit
         
    Ini juga bisa menjadi salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan dalam belajar desain web. Meskipun gratsi aplikasi ini memiliki performa yang cukup cepat untuk membuat sebuah web desain. Terlebih aplikasi web desain gratis ini juga memiliki sebuah sistem validasi script yang sangat kompitable hampir kedalam semua jenis browser.


          Berikut beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk belajar web desain yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. meski semua aplikasi yang kami rekomendasikan untuk anda ini


 

Versi cetak

Copyright© 2018 INDOWEBPLUS.com. All rights reserved.