Belajar web desain memang bukanlah sebuah hal yang gampang untuk dilakukan. Banyak sekali orang yang merasa bingung jika harus belajar web desain karena memang web desain ini menuntut kita untuk menguasai beberapa skil yang berbeda-beda. Web desain merupakan sebuah bidang keahlian dimana pembuatnya harus menguasai berbagai keahlian yang nantinya akan dikumpulkan menjadi satu tempat. Siapkah anda untuk belajar web desain?

          Lalu apa saja hal yang harus kita kuasai dalam membuat desain? Jika anda memang tertarik untuk belajar web desain sebaiknya anda belajar dasar-dasar dalam photoshop dan juga pemrograman. Tidak usah terlalu mahir, jika kurang lebih sudah mengetahui, maka anda bisa langsung belajar web desain dan mempraktekan dengan bantuan beberapa tips berikut ini. Untuk anda yang ingin serius dalam belajar web desain, silahkan simak pembahasan kami berikut ini.

1. Awali dengan desain minimalis
     
Tahap awal dalam belajar web desain, sebaiknya anda membuat sebuah web bergaya minimalis, sebuah desain simple  namun tetap indah untuk dipandang. Memang sebuah web biasanya akan dikerjakan lengkap semuanya sampai detail terkecil, namun dalam tahap belajar web desain sebaiknya anda membuat desain minimalis dahulu,  karena dengan berhasil membuat sebuah desain minimalis berarti anda sudah bisa membuat website yang berfungsi.


2. Kerjakan web desain anda dengan struktur yang matang
     
Seorang pemula biasanya ketika membuat sebuah web akan disibukan dengan hal-hal kecil seperti pemilihan warna, teksture, atau pemilihan jenis huruf yang akan mereka gunakan. Cara belajar web desainseperti ini sebenarnya kurang efektif. Ketika anda memutuskan untuk membuat sebuah web, maka mulailah dengan membuat strukturnya terlebih dahulu.
Jika selama ini anda belajar web desain selalu diawali dengan photoshop maka ubahlah cara anda tersebut dengan membuat struktur berupa coretan-coretan dikertas. Jika struktur web desain sudah jadi dengan matang, selanjutnya anda bisa menentukan hal-hal yang lebih detail seperti warna, tekstur, dan juga huruf agar web desain kita menjadi lebih baik. Dengan tahapan seperti ini kita bisa menyesuaikan detail-detailnya dengan lebih mudah.


3. Fokus pada fungsi website yang anda buat
     
Seorang yang baru belajar web desain biasanya akan terfokus pada tampilan yang ada pada website tersebut. Bagaimanapun caranya, desain yang mereka kerjakan harus menarik. Memang tidak ada salahnya membuat desain menarik lengkap dengan hiasanya. namun seorang yang baru belajar web desaintidak mengetahui tugas seorang webdesain yaitu untuk menyampaikan pesan kepada orang lain melalui sebuah situs, jadi fungsi pada website harus tetap kita tonjolkan.
Hiasan-hiasan seperti animasi ini memang bisa membuat sebuah blog menjadi lebih menarik, namun sebelum anda meutuskan untuk memakainya tanyakan apakah para pengunjung dari blog tersebut membutuhkan hal itu? Memiliki tampilan yang bagus namun jika fungsi dari website itu tidak tersampaikan tentu akan sia-sia.


4. Gunakan struktur desain yang baku
     
Dalam belajar web desain,anda harus mengetahui aturan baku yang biasa digunakan dalam membuat sebuah website. Perlu anda ketahui bahwa biasanya sebuah website memiliki struktur yang baku yaitu dua kolom dengan logo webiste  pada sisi kiri dan slide bar pada sisi kananya.
     Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Usabilitas para pengunjung website sudah terbiasa dan mulai termindset bahwa pada kiri bagian atas merupakan sebuah informasi identitas dari blog, dan jika pengunjung mengklik tersebut amaka akan terbawa ke halaman awal.
     Jika anda mendesain blog dan menggunakan struktur yang tidak biasa digunakan memang hal ini bukanlah sebuah kesalahan, namun apakah para pengunjung nantinya akan bisa memahami dengan mudah struktur desain yang anda buat tersebut? inlah yang sering idak difikirkan oleh seorang pemula dalam belajar web desain.


5. Perhatikan hal khusus yang sedang menjadi trend
     
Perhatikan beberapa desain yang sangat disukai oleh pengunjung, lalu lihat apa yang membuatnya lebih menonjol. Jika sudah tahu, aplikasikan hal tersebut pada web desain buatan anda. Untuk mendapatkan referensi mengenai web-web yang menarik anda bisa mengunjungi beberapa situs terbaik yang sangat digemari oleh pengunjung tersebut.


6. Belajarlah dasartipografi
     
Tipografi ini memiliki peran sangat penting dalam membuat sebuah website, karena hal ini nantinya akan digunakan untuk menyampaikan pesan yang diberikan oleh pemilik web kepada para pengunjung. Jika anda memang berniat untuk belajar web desain sebaiknya anda belajar dasar topografi ini karena huruf atau font yang tampil dalam browser akan memiliki beberapa perbedaan.


7. Beri whitespace
     
Dalam belajar web desain biasanya seorang pemula akan memenuhi halaman website sampai terlihat penuh, mereka tidak sdar bahwa hal seperti ni bisa membuat para pengunjung kebingungan.
     Dalam tahap belajar web desain,sebaiknya anda memberikan ruangan kosong agar para pengunjung bisa terfokus pada area yang ada pada website tersebut.

 

 

Versi cetak

Copyright© 2018 INDOWEBPLUS.com. All rights reserved.